لا تبكي

لا تبكي

Kamis, 27 Februari 2014

Ma'hadiii PPP.Salafiyah Bangil

                                                                 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ  
               
hi sobat sobat,., kali ini saya posting tentang SALAFIYAH, ma'had tercinta sayaaaaaa., (。♥‿♥。) disitu saya belajar banyak hal.,. hhhhh jadi pengen ke salafiyah klo gini (ಥ ̯ ಥ).
           PPP.SALFIYAH itu adalah salah satu ponpes dijawa timur,tepatnya di kabupaten Pasuruan kota Bangil, pesantren tersebut dibangun just for women, so amaan banget deh mondok disanaa. dan lagi disana tuh padeet bgt jadwal kegiatan para santri so ga bakalan sempet mikirin rumah (iyya ga yaaa? нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘) kalo lg ga kpikiran sih °~=))••°wk.wk.wk°••=))~° pokoknya disana top bgt dah,,. #yg santri salafiyah pasti setuju nih,., (ɔ ˘⌣˘)♥(˘⌣˘ c). All about Salafiyah.,.,


Latar belakang berdirinya PPP.SALAFIYAH
 
            PPP.SALAFIYAH didirikan oleh KH.Abd rohim rohani pada tahun 1957 M dan sebelumnya beliau sempat sowan kepada KH.Wahab hasbullah, jombang dan KH.Mahrus, lirboyo kediri, guna meminta restu untuk pembangunan pondok pesantren ini. bahkan beliau juga meminta kesediaan KH.Mahrus Ali untuk meletakkan batu pertama dilokasi tersebut. adapun hal hal yang melatar belakangi berdirinya PPP.SALAFIYAH adalah berawal dari banyaknya permintaan masyarakat untuk dibuatkan naskah pidato yang akan mereka sampaikan dalam berbagai event islami seperti maulid nabi, isro' mi'roj dsbg. dengan hati yang tulus dan ikhlas beliau membantu mereka sematamata li'ilaikalimatillah. dan hal tersebut merupakan salah satu hal yang mendorong beliau untuk merintis pondok pesantren putri SALAFIYAH. yang nantinya diharapkan mampu mencetak generasi muda yang terpelajar seta semangat membaca kitab guna menyebarkan ajaran ulama' salaf  dan agar mereka mampu membuat serta menyampaikan materi dakwak ditengah masyarakat dalam berbagai macam acara, tanpa harus meminta pada sang guru ataupun orang lain adalah harapan beliau.
             Demikian yang beliau berikan pada murid mridnya yang membutuhkan jawaban dari setiap pertanyaan yang belum berhasil mereka pecahkan, baik dari kalangan santri beliau sendiri maupun dari pesantren lain. bahkan beliau berpesan pada para santrinya bila ada orang yang ingin bertanya tentang suatu permasalahan, sementara beliau masih tidur atau beristirahat agar mengetuk pintu kamar beliau sampai beliau bangun, serta memberikan solusi atas permasalahan yang ada. 

Biografi singkat KH.Abd rahim Rohani

            KH.Abd Rohim Rohani adalah putra pertama dari pasangan H.Ahmad Rohani dan ibu Hj.rahmah beliau lahir sekitar tahun 1977M / 1397H. Dimasa muda, beliau menimba ilmu di pesantren buduran sidoarjo. Kemudian melanjutkan ke PP TREMAS pacitan. sepulang dari TREMAS beliau menetap dibangil dan berdakwah disana. Kendati beliau sudah terhitung sebagai orang yang alim, beliau tetap menjadi orang yang tawaddu'. salah satunya ditunjukkan dengan kebesaran hati beliau untuk pada sejumlah ulama' dikota bangil, diantaranya pada Habib Abu Bakar bin Husain Assegaf, Kh.Syarwani, Habib HAsan bin Ahmad Baharun dan banyak lagi guru guru beliau yang tidak bisa saya sebutkan. ini merupakan tauladan untuk menimba ilmu seberapapun banyak ilmu yang telah kita miliki.
 kesabaran beliau
            selama pondok ini berdiri, beliau selalu mengajar atau menyampaikan ilmu tanpa rasa lelah atau bosan. bahkan setiap beliau mengetahui ada kelas yang kosong tak ada guru, beliau menyempatkan diri masuk dan mengajar dikelas tersebut tanpa beban dan keluhan. disamping itu tak henti hentinya beliau memberikan pendidikan dan nasihat nasihat pada para santri agar semangat dalam belajar. terlebih menekankan agar selalu berakhlaqul karimah.
 Perjuangan beliau
            Tak henti hentinya beliau berjuang dengan penuh kesungguhan untuk meningkatkan kualitas PPP.SALAFIYAH ini dengan menambahkan beberapa materi pelajaran, terlebih lagi dibidang ilmu alat (nahwu dan shorof) dan berusaha memberikan pemahaman yang mendalam sampai para santriwati benar benar menguasainya. adapun diantara syiar beliau untuk menghidupkan syiar ini  adalah dengan mengadakan haflah akhir sanah disetiap tahun yang bertempat di pesantren sendiri, beliau mengundang walisantri dan beberapa masyayikh pengasuh pondok pesantren lain, dari dalam maupun luar kota. Kemudian beliau menyuruh santrinya untuk membaca kitab didepan halayak. setelah menyimak bacaan kitab tersebut, para masyayikh pun merasa kagum dan bahagia atas kemahiran mereka, karna ilmu tersebut jarang dikuasai serta diperdalam oleh para wanita, terlebih pada zaman sekarang. beliau juga tak enggan untuk mendatangkan guru ahli bahasa arab, husus untuk para santriwati.
              Taklama kemudian tibalah saatnya ALLAH memanggil hadrotussyaikh kesisiNYA. beliau wafat tepatnya pada tanggal 10 muharram 1397H. Meskipun beliau telah berpulang kerahmatullah, hal ini tak menjadi PPP.SALAFIYAH  redup. Karna selain Riyadloh yang beliau jalani, ternyata perjuangan dan semangat beliau untuk terus menghidupkan syi'ar islam dilanjutkan oleh Ust.Khoiron Husain yang tak lain dan tak bukan adalah menantu beliau sendiri :).

Biografi singkat Ust.Khoiron Husain

                Ust.Khoiron Husain lahir di bangil, 18 agustus 1938M/1357H sejak masa kanak kanak, beliau senang belajar agama, belajar sejarah para nabi dan bografi para ulama',di madrasah ibtidaiyah NU (MINU) beliau termasuk siwa yang rajin dan disiplin waktu. Selesai menunaikan pendidikan dasar, atas saran sang ayah beliau melanjutkan belajar di PP.BAHRUL ULUM tambak beras,jombang. bersama Ust.Nur Kholis Musytari. Tahun 1958, beliau tamat pendidikan stanawiyah tambak beras, kemudian beliau memilih pulang dan bergabung dengan sesepuh yang saat itu mengelola sebuah lembaga pendidikan bernama STPD (Sekolah Tarbiyah Pendidikan dan Dakwah) yang dirintis oleh pengurus syuriah cabang NU bangil. Ust.Khoiron sangat aktif dalam lembaga tersebut, sampai akhirnya STPD mendirikan madrasah yang dikepalai Ust.Khoiron
             Dimasa remaja beliau sering naik sepeda pancal berkelana mencari inspirasi, beliau juga sering bepergian untuk bekotbah atau berpidato. belau aktif dalam berbagai mavcam organisasi, diantaranya IPNU cabang bangil. Dalam organisasi tersebut beliau dipercaya sebagai ketua bidang pendidikan dan dakwah.
             Merasa kurang terhadap ilmu agama, beliau bekhidmad lagi ke Pondok Wihdatuttullab lasem. yang dipimpin oleh Kh. Baidlowi bin Abdul Aziz, selama berkhidmah disana beliau sering pergi ke petilasan SUNAN BONANG untuk menghafal kitab, terutama pada malam jum'at. Setelah cukup lama berkhidmah dilasem beliau pulang kembali ke bangil. di kota ini beliau membangun PGAL (Pendidikan Guru Agama Lengkap), bersama dengan teman teman seperjuangannya. Sejak itu, sepak terjangnya sebagai pemuda cakap mulai tampak.seorang kiai pengasuh pesantren putri tertarik pada kecakapan beliau. kiai tersebut adalah Kh.Abd.Rohim Rohani pengasuh Pondok Pesantren Putri Salafiyah kauman Bangil. dan beliau mengajaknya agar membantu mengajar dipesantren putri yang kini dihuni oleh ribuan santri dan memiliki jenjang pendidikan yang lengkap, mulai MI,MTS sampai MA. Karna Kh.Abd.Rohim merasa cocok melihat sepak terjang beliau maka ahirnya pada tahun 1967 Kh.Abd.Rohim menikahkahkan Ust.Khoiron Husain dengan Neng Hilyatunnisa' putri ke dua Kh.Abd.Rohim, antara Gus Harisun Baihaqi dan Neng Istiqomah yang bungsu. Dengan pernikahan ini beliau semakin dekat dengan Kh.Abd.Rohim dan lebih banyak mencurahkan ide idenya untuk pengembangan pesantren.Sejak saat itu beliau mulai menerapkan sistem klasikal dengan tanpa meninggalkal sistem sorongan dalam proses blajar mengajar. Dari sosok Ust.Khoiron yang aktif inilah PPP.SALAFIYAH mulai dikenal dikalangan luas, bahkan sampai keluar pulau. 

>>>>>Galeri pesantren

              ini adalah gedung putih digedung putih ini terdapa kelas 2A dan 2B Aliyah, serta kantor EL-WARDAH buletin salafiyah) wah jadi ingeet pas masa masa 2MA jdnya,,. hmm di serambi ini aku dan kawan-kawan setia menanti kedatangan ustadz/ah sembari bercerita atau makan-makan. Abis kalo nunggu di dalam kelas ga betah sama panasnya. Bangil gitu loh! Dari sini juga kami mengintai guru kami tercinta. Dari sepeda yang terparkir dan sandal yang berjajar di kantor bisa kami prediksi hadir tidaknya beliau-beliau yang berimbas pada jam kosong yang sangat kami idamkan *jgn ditiru hihihi.






 ini adalah pesarean Ust.Khoiron Husain(Pengasuh PP. Salafiyah periode ke-2) dan Ibu Nyai Hj.Umi Kulsum (Istri KH. Abd Rohim Rohani, pendiri pondok)Gus Minanurrohman (putra Ust.Khoiron) dan Gus Mamak (putra NEng Hj.Istiqomah)
          Tempat ini adalah tempat favorit para santri untuk belajar dan mengaji, karna tempat ini tenang dan nyaman :)




ini adalah tengah pondok lengkap dengan sumurnya,. sumur ini biasa digunakan untuk mencuci barabg2 sosialan plus karpet karpet besar, hmm jd pgn nyuci karpet lagi disini hihihi^^













 ini adalah tangga menuju gapuro dan terlihat jelas hujroh mudabbiroot dari sini.











sekian dulu postingan tentang PPP.SALAFIYAH kali ini. jangan lupa  tulis komentar atau saran atau pertanyaan *jika ada. #terima kasiiih semoga bermanfaat^^

33 komentar:

  1. Bagus bagus, tapi boleh nanya kan?, kalo ngirim ke elwardah bolehkah?, salam manis 😁

    BalasHapus
  2. Boleh, jika tulisan anda bagus i.ALLAH akan dimuat :)

    BalasHapus
  3. Di pndok salafiyah ini ada universitas nya ta

    BalasHapus
  4. Tolong kasih info yg lengkap ya mbak..

    Makasih...!!

    BalasHapus
  5. di ponpes salafiyah bangil pusat (yg saya posting ini) ada madrasah diniyah,tsanawiyah dan aliyah mb vieda :) tp salafiyah sudah membuka cabang "SALAFIYAH 2" sekarang. Dan disitu alhamdulillah sudah ada perguruan tingginya :) letaknya pas di sebelah salafiyah pusat *berdekatan untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kantor pusat salafiyah 2 >> 082141816696 / 087856956875

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak itu pondok salafiah2 cm pondok putri aja kan..?
      Trus kampus nya juga husus putri...?

      Mksd sy dalam satu kampus itu putri semua gak ada mahasiswa nya..sekampus cuma husus mahasiswi aja kan..?

      Hapus
    2. mbak kalau mau tlpn adik d pondok salafiah 2 apa boleh???
      dan nomer tlpnnya apa yg d cntumkan dstu dgn nmer 082141816696/087856956875 atau ada nmer yg khusus untuk mnelpon ke santri dsna??
      mohon infonya...

      Hapus
  6. boleh minta informasi pendaftaran dan administrasi untuk santri baru?

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah. . . Terimaksih banyak pondokq tercinta,walaupun aq tdk berkesempatan lama menuntut ilmu disana. . Tp ilmu yg didapatkan sungguh bermanfaat. . :)

    BalasHapus
  8. terimakasih sekali infonya...
    sedikit kritikan gpp y mbak penulis,,,
    alafu klo tdk berkenan,d sejarah pendirian nya salafiyah berdiri tahun 1957 oleh KH.Abd Rahim Rohani,
    tetapi wktu sy baca biografinya almaghfurlah kok lahirnya tahun 1977 M / 1397 H. msak duluan berdirinya salafiyah dg lahirnya almaghfurlah..juga wafatnya tahun 1397 H...di tahun yg sama kelahiran beliau dong.
    alafu jika koreksian ana ini mgkn keliru.

    BalasHapus
  9. Semoga salafiah tetap tampil ditengh kalangn dlam bentuk apapun amin....

    BalasHapus
  10. Postingan tulisannya diperbaiki lagi ya,karena ada yang tidak pas & akurat dalam penyusunan nya..

    BalasHapus
  11. Postingan tulisannya diperbaiki lagi ya,karena ada yang tidak pas & akurat dalam penyusunan nya..

    BalasHapus
  12. Postingan tulisannya diperbaiki lagi ya,karena ada yang tidak pas & akurat dalam penyusunan nya..

    BalasHapus
  13. klo ngirim ke el wardah bolehkan?

    BalasHapus
  14. Mba.. sya mnta nomer yg bsa dhubungi krna 2 nomer itu gbsa di hubungi
    Atw ini email sya
    vitaizha@gmail.com

    BalasHapus
  15. Apa diponpes afa pendidkan formalnya

    BalasHapus
  16. Apa diponpes ini ada pendidikan formalnya

    BalasHapus
  17. Apa diponpes ini ada pendidikan formalnya

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah masih ada yng yng bikin postingan tentang pondok pesantren putri salafiah...meski cuma hampir 3 tahun saya menimba ilmu disana..tp hingga saat ini sy masih merasakan manfaat barokah belajar dipondok ini trima kasih banyak2 saya ucapkan kepada ibu nyai beserta smua ustadzah2 pengurus2 yng dulu tidak sempat saya ucapkan kepada beliau2 smoga menjadi amal sholeh serta pahala ja riah...Aamiin2 yarobbalalamiin

    BalasHapus
  19. Aulydia sifaur rosida9 Maret 2019 pukul 14.49

    Assalamu'alaikum....
    Mbak.. Rencana thn ini mau daftar buat masuk th 2020, Mau tanya, untuk kegiatan sekolah reguler MTs dan MA nya ini didalam pondok atau diluar pondok..? Murid"nya hanya khusus putri" untuk santriwati ppp salafiyah aja atau terbuka untuk umum mbak...? Terimakasih jika berkenan berbagi informasinya..
    Wassalamu'alaikum....

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum mw tnya info pndaftaran sntri bru untuk salafiyah it kapan ea??? Mksie

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah...meski cm 3 thn saya mondok...semoga saya mendapatkan barokah kyai ,gus,ustadz dan ustadzah..aamiin

    BalasHapus
  22. Maaf mau tanya pendaftaran siswa baru masih ada t? Kalo daftar lewat online apa langsung?

    BalasHapus
  23. assalamualaikum...
    maaf mau tanya pendaftaran santri baru 2020 habis hari awal sya'ban atau habis hari raya dab lewat online apa langsung
    mohon di balas soalnua takut ketinggalan....🙏

    BalasHapus
  24. Assalamua"alaikum mau tanya,pendadtaran santri baru 2020 awal sya"ban apa stlh hari raya dan online apa dtg langsung,mohon d balaa soalnya. takut ketinggalan 🙏...

    BalasHapus
  25. Apa bisa wali santri nelpun?

    BalasHapus
  26. anak amanatul mau daftar kesana? nyuwon info ning elvareta

    BalasHapus
  27. Boleh brosur pendaftaran santri baru di PPP salafiyah 1

    BalasHapus
  28. Blh mnt informasi pendaftaran santri baru

    BalasHapus
  29. Kpn terahir pendaftaran santri baru mohon info xa

    BalasHapus
  30. William Hill Canada | 100% first deposit bonus
    William Hill Canada ✓ 100% first deposit bonus. Bet $1 bk8 Win william hill $100 in the $100 free bet 퍼스트 카지노 · Claim a Welcome Bonus.

    BalasHapus
  31. Untuk brosur pendaftaran download dimana kak

    BalasHapus